Jumat, 19 Juni 2009

Bread Making ( Part 12 )

English Version.

Bread Making System

There are 4 ways bread making system

  1. STRAIGHT DOUGH SYSTEM, in this way all ingredient mix, and going final develop, scaling and rounding and direct put on bread form, famous in Toast Bread Company, its cause fast handle, and its has characteristic Proving time 90 minutes, in proving box or proving room, and end product have self live around 4 days. Its mean this way only have time proving.
  2. NO TIME DOUGH SYSTEM, in this way bread dough which final develop, take arrest in table worker, at least 10 minutes, scaling and rounding, take a rest for second times, degassing, filling and rounding and take to proving box or proving room. And bake. Its mean has 3 times resting time or proving, before baking. This way has self live around 4 – 5 days.
To Be Continued...

Bahasa Version.

SISTEM PEMBUATAN ROTI

Dalam pembuatan Roti kita mengenal ada 4 macam :

  1. SISTEM STRAIGHT DOUGH ( Sistem Langsung )

Dalam system ini, setelah bahan diaduk dan kalis, langsung diangkat dipotong timbang bentuk danmasukan kedalam mesin pengembang. Biasanya banyak dipakai dalam pembuatan roti tawar, untuk industri. Karena prosesnya yang cepat. Cirri dari sistem ini pengembangan hanya sekali kurang lebih 1 – 1 ½ jam di dalam mesin pengembang langsung dibakar. Keuntungan mempergunakan system ini selain cepat proses kerjanya aroma roti juga cukup bagus, tetapi ada kelemahan yang mendasar karena sifat Gluten yang belum rilek untuk pembentukan akan susah, dan banyak yang terbuka dalam lipatanya. Untuk itu system ini hanya dipakai yang mempergunakan cetakan seperti Roti tawar. Untuk usia roti berkisar antar 3 sampai 4 hari.


  1. SISTEM NO TIME DOUGH ( Sistem Cepat )

Dalam sistem ini setelah adonan kalis, diangkat diatas meja, disitirahatkan kurang lebih 10 menit, potong timbang lalu dibulatkan istirahatkan lagi 10 menit, gilas tipiskan isi bentuk dan istirahatkan lagi kurang lebih 1 – 1½ jam lalu bakar dalam oven. Cirri dari system ini adalah adanya pengembang sebanyak 3 kali, sehingga keuntungan yang didapatkan adalah aroma roti cukup bagus karena toleransi fermentasi yang cukup, memudahkan pembentukan, karena Gluten rileks, tetapi mempunyai kekurangan yaitu cukup panjangnya proses pembuatan. Hal ini bisanya banyak diterapkan pada industry bakery dan Modern Bakery. Untuk daya tahan roti antara 4 – 5 hari.


Bersambung....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar